Quantum Energi Spiritual
☚ Kembali ke Kumpulan Artikel

Arta Kata Nabi Definisi Nabi

Arti Kata Nabi
Penggunaan istilah kata Nabi tidak hanya dikenal di dalam ajaran agama Islam tapi juga dalam beberapa agama samawi (agama langit) lainnya (Nasroni [Kristen], Yahudi, dll) sebelum Islam datang menyempurnakan ajaran agama tersebut.

Kata Nabi Menurut Etimologi Bahasa Arab
Kata Nabi (Nabiyyun/نبي) berasal dari kata dasar naba yg berarti “dari tempat yang tinggi”; karena itu orang ‘yang di tempat tinggi’ semestinya punya penglihatan ke tempat yang jauh (prediksi masa depan) yang disebut nubuwwah (kenabian). Baca: http://id.wikipedia.org/wiki/Nabi_Islam

Kata Nabi Dalam Islam
Penggunaan Kata Nabi dalam ajaran Islam dapat berhubungan dengan beberapa hal berikut:

  • Kepercayaan terhadap rukun iman yg keempat dalam ajaran Islam, yaitu Percaya kepada para nabi dan para rasul.
  • Pria Pembawa Mushaf dan Kitab Suci (seperti al-Qur`an; Nabi Muhammad SAW, Zabur; Nabi Daud a.s, Taurat; Nabi Musa a.s , Injil; Nabi Isa a.s), Penerima Wahyu dari Allah, Kenabian.
  • Dihubungkan dengan kata Rasul seperti dalam kalimat: Muhammad adalah seorang Nabi dan Rasul utusan Allah.
  • Membawa dan mengajarkan Risalah / Syariat agama dari Rasul sebelumnya kepada kaumnya.
  • Muhammad Shollallahu `Alaihi Wasallam, sang Penutup Para Nabi Khātam an-Nabiyyīn (Arab:خاتم النبيين). Seperti dijelaskan dalam ayat al-Quran;Al-Ahzab 33:40, yang terjemahannya adalah: Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi, dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (DEPAG RI: Al-Qur`an dan Terjemahannya, PT Tanjung Mas Inti Semarang, 1992, hlm: 674).
  • Nabi Adam sebagai Nabi pertama dalam Islam, Kisah Nabi Khidir saat memberi pelajaran dan hikmah kepada Nabi Musa (baca: dalam Surah Al-Kahf ayat 66-82) dan….
  • 25 Nabi dan Rasul yg wajib diketahui (menurut ilmu tauhid) dan total jumlah 124.000 nabi dalam Islam. Seperti diriwayatkan Dari Abi Zar ra bahwa Rasulullah SAW bersabda ketika ditanya tentang jumlah para nabi, “(Jumlah para nabi itu) adalah seratus dua puluh empat ribu nabi.” “Lalu berapa jumlah Rasul di antara mereka?” Beliau menjawab, “Tiga ratus dua belas (312)” Hadits riwayat At-Turmuzy.
  • Orang pilihan yang diberikan suatu mukjizat, yaitu kelebihan yg dimiliki oleh seorang Nabi atas izin Allah yang dapat digunakan untuk mendukung pelaksanaan ajaran syariat yg diembannya.

Pengertian Nabi Menurut Terminologi Islam
Dilarang menggambar NABI muhammadNabi adalah seorang manusia pilihan Allah, yg berjenis kelamin pria yang mendapatkan wahyu dari Allah, dan menyampaikan wahyu tersebut kepada kaumnya.

Perbedaan Nabi dan Rasul
Mengingat kata Nabi juga sering dihubungkan dengan kata Rasul, maka perlu dijelaskan esensi perbedaannya.

Kata “Rasul” berasal dari kata risala yang berarti penyampaian. Rasul juga seorang pria yang diangkat (dipilih) oleh Allah menjadi Rasul dan diperintahkan Allah untuk menyampaikan wahyu kepada kaumnya pada zamannya. Sedangkan Para Nabi yang menerima wahyu dari Allah, walau boleh menyampaikan wahyu yang diterimanya, tetapi mereka tidak punya kewajiban atas umat tertentu atau wilayah tertentu (Lihat di wikipedia Indonesia tentang Nabi Islam)

Wallahu A`lam

3 Pembaca Menyukai ini

Arti Kata Sejenis:

Share Link Kamus:
HTML Link Kamus:

Leave a Reply