Quantum Energi Spiritual
☚ Kembali ke Kumpulan Artikel

Arti Ibadah Pengertian Ibadah

Kamus Spiritual: Memahami Arti Kata Ibadah
Apa yg dimaksud dengan ibadah? Apakah ibadah termasuk kategori ritual atau amalan? Apakah kita telah menjalankan ibadah agama? Siapakah yg kita tuju di saat kita melakukan ibadah? Atau apa niat ibadah kita? Dan ratusan pertanyaan lainnya yg berhubungan dengan kata ibadah.

gambar ibadah sholat utk Arti IbadahPengertian Ibadah Menurut Etimologi Bahasa Arab
Secara linguistik (kamus bahasa Arab), Kata Ibadah (عبادة) dalam Islam berasal dari bahasa Arab, adalah bentuk Mashdar dari kata A~bada yang bermakna menyebah atau hamba yg menyembah. Secara harfiah diartikan penyembahan, amal kebaikan, tunduk, patuh, merendahkan diri.

Pengertian Ibadah Menurut Istilah (Terminologi)
Kata Ibadah mempunyai banyak defenisi sesuai dengan sudut pandang dan cara pemberian arti ibadah tersebut. Namun begitu, secara umum ditujukan kepada maksud yg sama yaitu memyembah kepada Allah, taat kepada Allah. Berikut ini beberapa definisi tentang Ibadah:

Kata Ibadah Menurut Terminologi Al-Qur`an
Menyembah Allah sebagai maksud dari diciptakannya Manusia dan Jin seperti ditegaskan Allah: “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku. Aku tidak menghendaki rizki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi Aku makan. Sesungguhnya Allah, Dia-lah Maha Pemberi rizki yang mempunyai kekuatan lagi Sangat Kokoh.” (QS. Adz-Dzariyat: 56-58).

Kata Ibadah Menurut Terminologi Ilmu Fiqih
Ibadah dalam ilmu fiqh termasuk kegiatan amal kebaikan manusia, dalam hal ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Ibadah mahdhoh disebut juga dengan istilah ibadah khos (ibadah khusus), adalah ibadah dalam pengertian sempit, yaitu semua bentuk amal ibadah yang telah menjadi ketentuan wajib syara`. Bentuk ibadah dalam pengertian ini tidak dapat dirubah baik dalam cara, bacaan, rukun ibadah, dll, semuanya harus mengikuti ketentuan panduan al-Qur`an dan Hadis. Seperti: Ibadah Sholat, Ibadah Haji, Ibadah Puasa, dll.
  • Ibadah Ghairu Mahdhoh disebut juga dengan ibadah `Am (Ibadah Umum), adalah ibadah dalam pengertian yg lebih luas, yaitu semua bentuk amal ibadah manusia yang tidak melanggar ketentuan larangan syara`. Bentuk ibadah dalam pengertian ini menyangkut seluruh aspek kegiatan manusia seperti berumamalah, aktivitas sosial kemasyarakatan, dll

Kata Ibadah Menurut Terminologi Ulama
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Rahimahullah :
Ibadah adalah segala sesuatu yang mencakup semua hal yang dicintai dan diridhai Allah Ta’ala, baik berupa ucapan dan amalan, yang nampak dan yang tersembunyi. Untuk pendalamannya, silahkan baca pada beberapa kitabnya seperti: Majmu` Fatawa Syeikh al-Islam Ahmad Ibn Taimiyah, Kitab al-Iman, dll.

Imam Abu Hamid al-Ghazali
Ibadah adalah cinta kepada Allah (mahabbah ilallah). Lebih jelasnya, baca dalam beberapa kitab karya Imam al-Ghazali: seperti Ihya al-Ulumuddin, al-Munqidz Min al-Dlalal, dll

Selain itu, anda dapat memperdalam tentang arti kata ibadah dari ratusan Ulama lainnya melalui peninggalan kajian kitab-kitab mereka.

Pengertian arti kata Ibadah (Penerapan):
Dalam penerapannya, kata ibadah mengandung beberapa pengertian seperti berikut ini:

  • Ibadah adalah bentuk amal ritual agama yg sudah diperintahkan oleh Allah. Seperti: menjalankan sholat fardu, menunaikan kewajiban zakat, melaksanakan puasa ramadhan, pergi naik naik haji jika mampu.
  • Ibadah ialah menyembah Allah sebagai bukti ketaatan seorang hamba terhadap Tuhannya dengan cara melaksanakan semua yang sudah diperintahkan Allah dan meninggalkan semua yg dilarang Allah.
  • Ibadah ialah tidak menyembah Tuhan selain hanya menyebah Allah (Tidak musrik). Laa ilaha illallallah.
  • Ibadah adalah cinta sepenuh hati jiwa dan raga kepada Allah. Menfokuskan diri hanya untuk Allah. Tidak ada yg lain selain hanya mencintai Allah.

Kata-kata ibadah dalam penulisan artikel di situs ini, akan sering dijumpai dalam kategori pembahasan tentang:

2 Pembaca Menyukai ini

Arti Kata Sejenis:

Share Link Kamus:
HTML Link Kamus:

Leave a Reply