Quantum Energi Spiritual
☚ Kembali ke Kumpulan Artikel

Arti Kata al-Quran Pengertian Al-Qur`an (القرآن)

Kamus Spiritual: Mengenal Arti Kata Al-Quran
Kata al-Qur`an sangat populer bagi umat muslim di seluruh dunia. Apa sebenarnya al-Qur`an itu? Mengapa ia begitu dikenal tidak hanya oleh umat Islam, tapi juga oleh umat lain yg mengkaji tentang ke-Islaman?

gambar al-Qur`an utk arti kata alquranAl-Quran Menurut Etimologi (Linguistik)
Kata Alquran (القرآن) menurut bahasa Arab adalah bentuk kata benda (masdar) dari kata kerja qara’a yang artinya membaca atau bacaan (tilawah).

Terminologi Alquran Menurut Al-Quran:

  • Ada di Dada dan Lisan Nabi Muhammad. Seperti dijelaskan pada ayat 17 dan 18 Surah Al-Qiyamah yang artinya: “Sesungguhnya mengumpulkan Al-Qur’an (di dalam dadamu) dan (menetapkan) bacaannya (pada lidahmu) itu adalah tanggungan Kami. (Karena itu,) jika Kami telah membacakannya, hendaklah kamu ikuti {amalkan} bacaannya”.
  • Kitab Petunjuk (al-Kitab) Bagi Orang-Orang yg bertakwa. Dijelaskan pada ayat ke-2 surah Al-Baqarah yg artinya: ” Kitab (al-quran) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yg bertakwa“.
  • Pembeda Benar dan Salah (Al-Furqaan): Surah ke-25 Al Furqaan ayat 1, yg artinya: Maha suci Allah yang telah menurunkan Al-Furqaan (Al-Qur’an) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam.
  • Pemberi Peringatan (Adz-Dzikr). Surah ke-15 Al Hijr ayat 9, yg artinya: Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr (Al-Qur’an), dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.
  • Pelajaran Dari Tuhan (Al-Mau’idhah). Surah ke 10 Yunus ayat 57, yg artinya: Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.
  • Obat Penyembuh Penyakit (Asy-Syifa’) : Sesungguhnya KAMI (Allah) telah menurunkan dari al-Quran tersebut sebaga obat penyembuh dan rahmat bagi orang-orang yg beriman.
  • Peraturan/Hukum (Al-Hukm). Surah ke-13 Ar Ra’d ayat 37 yang artinya: Dan demikianlah, Kami telah menurunkan Al-Qur’an itu sebagai peraturan (yang benar) dalam bahasa Arab. Dan seandainya kamu mengikuti hawa nafsu mereka setelah datang pengetahuan kepadamu, maka sekali-kali tidak ada pelindung dan pemelihara bagimu terhadap (siksa) Allah.
  • Kebijaksanaan (Al-Hikmah). Surah ke-17 Al Israa’ ayat 39 yg artinya: Itulah sebagian hikmah yang diwahyukan Tuhanmu kepadamu. Dan janganlah kamu mengadakan tuhan yang lain di samping Allah, yang menyebabkan kamu dilemparkan ke dalam neraka dalam keadaan tercela lagi dijauhkan (dari rahmat Allah).
  • Petunjuk (Al-Huda). Surah ke-72 Al Jin ayat ke-13, yang artinya: Dan sesungguhnya kami tatkala mendengar petunjuk (Al-Qur’an), kami beriman kepadanya. Barangsiapa beriman kepada Tuhannya, maka ia tidak takut akan pengurangan pahala dan tidak (takut pula) akan penambahan dosa dan kesalahan.
  • Yang diturunkan (At-Tanzil). Surah ke-26 Asy Syu’araa’ ayat ke-192 yg artinya: Dan sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam.
  • Karunia Allah (Ar-Rahmat). Surah ke-27 An Naml ayat ke-77 yg artinya: Dan sesungguhnya Al Qur’an itu benar-benar menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.
  • Cahaya Ruh (Ar-Ruh). Surah ke-42 Asy Syuura ayat ke-52 yg artinya: Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu ruh (Al-Qur’an) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al-Qur’an) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al-Qur’an itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus.
  • Penerang (Al-Bayan). Surah ke-3 Ali Imran ayat ke-138 yg artinya (Al-Qur’an) ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.
  • Ucapan Firman Tuhan (Al-Kalam). Surah ke-9 At Taubah ayat ke-6 yg artinya: Dan jika seorang di antara orang-orang musyrikin itu meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah ia supaya ia sempat mendengar firman Allah, kemudian antarkanlah ia ketempat yang aman baginya. Demikian itu disebabkan mereka kaum yang tidak mengetahui.
  • Kabar Gembira (Al-Busyra). Surah ke-16 An Nahl ayat ke-102 yg artinya: Katakanlah: “Ruhul Qudus (Jibril) menurunkan Al-Qur’an itu dari Tuhanmu dengan benar, untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)“.
  • Bukti Kebenaran / Cahaya (An-Nur). Surah ke-4 An Nisaa‘ ayat ke-174, yg artinya: Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu. (Muhammad dengan mukjizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang. (Al-Qur’an).
  • Pedoman (Al-Basha’ir). Surah ke-45 Al Jaatsiyah ke-20 yg artinya: Al-Qur’an ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini.
  • Penyampaian Kabar yg Sempurna (Al-Balagh). Surah ke-14 Ibrahim ke-52 yg artinya: (Al-Qur’an) ini adalah kabar yang sempurna bagi manusia, dan supaya mereka diberi peringatan dengan-Nya, dan supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran.
  • Perkataan/ucapan (Al-Qaul). Surah ke-28 Al Qashash ke-51 yg artinya: Dan sesungguhnya telah Kami turunkan berturut-turut perkataan ini (Al-Qur’an) kepada mereka agar mereka mendapat pelajaran.

Sebagain ulama ulumul-Qur`an menyebutkan bahwa indikasi tentang al-quran di atas sebagai sebutan Nama-Nama al-Quran.

Terminologi Al-Quran Menurut As-Sunnah
Diriwayatkan oleh Ad-Darimi/At-Turmidzi bahwa: Al-quran adalah kitab suci Allah ta`ala yg berisi informasi masa lampau. Prediksi dan informasi masa depan. Hukum pemberi solusi final bagi problematika kehidupan, kata penentu, bukan sekedar kelakar, siapapun yg mengabaikannya meskipun pembesar pasti akan dibinasakan Allah, dan siapapun yg mencari petunjuk selainnya, pasti disesatkannya. Dia itulah tali Allah yg sangat kuat pelajaran yg sarat dengan hikmah, serta jalan lurus lagi benar. Dengan petunjuknya, hawa nafsu tidak menyimpang, lidah tidak akan rancau, dan para ilmuwan pun akan terpukau tidak akan pernah bosan. Tidak berisi hal-hal yg kontradiktif. Penuh keajaiban spektakuler yg mengagumkan dan tak kering. Belum lagi JIN selesai mendengarkannya, merekapun mengakui “Sesungguhnya kami telah mendengarkan bacaan (al-quran) yg mengagumkan, memberi petunjuk kepada yg benar, maka kamipun beriman kepadanya, dan sama sekali tidak akan pernah mempersekutukan Tuhan kami dengan siapapun juga”. Barang siapa berkata dengannya pasti benar, yg mengamalkannya pasti berpahala, yg memutuskan hukum dengannya pasti adil, dan siapapun yg diseru kepadanya, pasti telah dibimbing ke jalan yg benar (Ad-Darimi/At-Turmidzi, dikutip dari: DR. H.M, Roem Rowi: Al-Quran, Manusia, & Moralitas, hlm: 21-22)

Al-Qur`an Menurut Bible

  • Kitab Yesaya 29:12: Atau kitab itu diberikan orang lain kepada seseorang yg tidak tahu membaca, serta katanya: baca apalah ini! Tetapi jawabannya: Aku tidak tahu membaca. (KETERANGAN: yg dimaksud dalam Kitab Yesaya tersebut adalah Kisah Nabi Muhammad pertama kali menerima wahyu seperti diceritakan dalam Surah al-Alaq (iqra) ayat 1-5. Sebab Nabi Isa (Umat Nasroni menyebutnya dg Yesus) tidak pernah menerima wahyu dg cara tersebut)
  • Injil Yahya 16: 7-13. Tetapi Aku ini mengatakan yg benar kepadamu, bahwa berfaedahlah bagi kamu jikalau Aku ini pergi, karena jikalau tiada Aku pergi, tiadalah penolong itu akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan menyuruhkan dia kepadamu. Apabila ia datang maka ialah akan menerangkan kepada isi dunia dari hal dosa dan keadilan dan hukuman. Dari hal dosa, sebab tiada mereka itu percaya akan daku. Dari hal keadilan, sebab aku pergi kepada bapa dan tiada lagi kamu melihat Aku. Dari hal hukuman, sebab penghulu dunia ini sudah dihukumkan. Banyak lagi perkara yg hendak Aku katakan kepadamu, tetapi sekarang ini tiada dapat kamu menanggung dia. Apabila ia sudah datang, yaitu roh kebenaran, maka iapaun akan membawa kamu kepada segala kebenaran, karena tiada ia berkata-kata dengan kehendaknya sendiri. Melainkan barang yg didengarkan itu juga dikatakannya, dan dikabarkannya kepadamu segala perkara yg akan datang. (KETERANGAN: Isi Pesan Yesus kepada para pengikutnya tersebut menjelaskan bahwa setelah Yesus pergi menghadap Tuhan (meninggal), maka akan datang seorang penolong yg membawa kebenaran, yaitu Nabi Muhammad dan al-Quran.

 

Terminologi Al-Quran Menurut Ulama
Al-Quran Menurut Dr. Subhi Al Salih:
“Kalam Allah SWT yang merupakan mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan ditulis di mushaf serta diriwayatkan dengan mutawatir, membacanya termasuk ibadah”.

Al-Quran Menurut Ali ash-Shabuni:
“Al-Qur’an adalah firman Allah yang tiada tandingannya, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW penutup para Nabi dan Rasul, dengan perantaraan Malaikat Jibril a.s. dan ditulis pada mushaf-mushaf yang kemudian disampaikan kepada kita secara mutawatir, serta membaca dan mempelajarinya merupakan ibadah, yang dimulai dengan surat Al-Fatihah dan ditutup dengan surat An-Nas”

Secara sederhana,definisi Al-Qur’an adalah kitab suci ummat Islam yang diwahyukan Allah kepada Muhammad melalui perantaraan Malaikat Jibril.

Kata-kata al-Quran dalam penulisan artikel di situs ini, akan sering anda jumpai dalam kategori pembahasan tentang:

Sumber Pendalaman artikel tentang al-Qur`an bisa anda telusuri melalui:

  • Dr. Subhi as-Shalih: Mabahits fi Ulumil-Qur`an, Darul-Ilm Lil Malayin, Cetakan keenambelas, 1985, Beirut, Libanon.
  • Dr. Subhi as-Shalih: Membahas Ilmu-Ilmu Al-Qur`an. Terjemahan Tim Pustaka Pirdaus, 2001.
  • Dr. H.M. Roem Rowi, MA, Al-Qur`an, Manusia, & Moralitas, Penerbit: Amanah Jaya, 1997.
5 Pembaca Menyukai ini

Arti Kata Sejenis:

Share Link Kamus:
HTML Link Kamus:

Leave a Reply