Quantum Energi Spiritual
☚ Kembali ke Kumpulan Artikel

Arti Kata Islam Pengertian Islam al-islām (الإسلام)

Kamus Bahasa Spiritual: Memahami Arti Kata Islam
Ketika terdengar kata Islam maka kemungkinan asumsi pertama dalam batin dan pikiran kita adalah tentang sebuah ajaran agama yg dibawa oleh Nabi Muhammad SAW yg terus berkembang di seluruh dunia hingga saat ini. Sebenarya, apa arti kata dari kata Islam itu sendiri?

Islam Menurut Etimologi (Linguistik)
gambar kaligrafi IslamKata Islam atau al-islām (الإسلام) menurut bahasa Arab adalah bentuk kata benda (masdar) dari perubahan kata kerja (Fi`il): aslama (telah selamat/mendapatkan keselamatan/memberikan keselamatan)-yuslimu (sedang/akan selamat/memberikan keselamatan) menjadi kata Islaman yang berarti keselamatan.

Perubahan lengkapnya (Tashrif): Aslama -Yuslimu-Islaman-wa Muslaman-Fahuwa Muslimun – Wa zaka Muslamun-Aslim-Laa Tuslim-Muslamun.

Laki-laki yg Islam disebut dengan muslim (مسلم artinya: pria yg selamat), dan wanita yg Islam disebut dengan muslimah (مسلمة‎ artinya: perempuan yg selamat).

Secara linguistik Arab, kata dasar al-islām (الإسلام) adalah kata salām yang berarti kedamaian. Dalam contoh kalimat yg kita dengar sering diucapkan di kalangan umat Islam: Assalamu alaikum (السلام عليكم as-salāmu `alaykum) yang artinya: Semoga Keselamatan menyertai kalian semuanya.

Secara harfiah, kata Islam dapat diterjemahkan sebagai bentuk penerimaan dari dan penyerahan diri kepada Tuhan dengan tidak menyekutukan Allah (Politeisme, Syirik)

Terminologi Islam Menurut al-Qur’an

  • Islam adalah satu-satunya agama yg diridoi Allah seperti ditegaskan dalam Q.S. Ali Imran: ayat ke-19: Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam.

Penerapan Kata Islam
Dalam aplikasi sehari-hari, penyebutan kata Islam dapat berhubungan kepada beberapa hal berikut di bawah ini:

  • Allah, sebutan bagi nama Tuhan yg disembah dalam ritual ibadah umat Islam
  • Nabi Muhammad saw, yaitu seorang Nabi yang menyampaikan ajaran Islam.
  • Ajaran Agama Islam, yaitu sebuah agama yang dibawah oleh Rasulullah.
  • Al-Quran, yaitu Kitab Suci yang berisi panduan tentang ajaran agama Islam.
  • Lima Rukun Islam: yaitu lima konsep dasar dalam ajaran Islam
  • Enam Rukun Iman: yaitu enam konsep dasar keyakinan dalam ajaran Islam.
  • Shahādatāin, Dua dua kalimah syahadat atau (لشهادة asy-syahādah): yaitu rukun pertama dalam rukun Islam yg berbunyi: “asyhadu an-laa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammadan rasuulullaah” – yang berarti “Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan saya bersaksi bahwa Muhammad saw adalah utusan Allah”.

Selain, hal di atas, penerapan arti kata Islam juga dapat berhubungan dengan kata Ulama, sejarah Islam, dan lain sebagainya

4 Pembaca Menyukai ini

Arti Kata Sejenis:

Share Link Kamus:
HTML Link Kamus:

Leave a Reply