Quantum Energi Spiritual
☚ Kembali ke Kumpulan Artikel

Arti Rukun Pengertian Rukun

Kamus Ritual: Arti Kata Rukun
Kata Rukun sering kita temui dalam dunia ritual terutama jika ritual tersebut merupakan ritual-ritual ibadah keagamaan. Seperti rukun sholat, rukun haji, rukun iman, rukun Islam, dll.

Etimologi Rukun
gambar rukun utk arti kata RukunKetika kata Rukun menjadi adjektif (kata sifat) dalam bahasa Indonesia , mengandung beberapa arti di antaranya:

  • Baik dan Damai; tidak bertengkar. Seperti dalam ungkapan kalimat kepada 2 orang bersaudara: “Hiduplah kalian berdua dengan rukun”, artinya: perintah kepada kedua org bersaudara tersebut untuk hidup secara baik dan damai atau tidak bertengkar.
  • Bersatu atau perkumpulan. Seperti kalimat: Rukun Tani artinya Perkumpulan para petani. Rukun Tetangga artinya perkumpulan orang yang tinggal berdekatan (bertetangga).

Ketika kata Rukun menjadi kata kerja (verb) maka akan berubah menjadi

  • Merukunkan yang berarti usaha mendamaikan seperti dalam kalimat: Saya sudah berusaha merukunkan kedua orang kakak beradik yg sedang berselisih tersebut.

Ketika kata Rukun menjadi kata benda (noun), maka akan mengandung makna:

  • Hal yg wajib dipenuhi dalam suatu ritual atau pekerjaan. Seperti pernyataan: Inilah rukun haji artinya: inilah beberapa hal yg wajib dipenuhi agar ibadah haji menjadi sah.
  • Asas; dasar; sendi: Seperti maksud dari 6 Rukun Iman adalah 6 landasan dasa keyakinan untuk pemeluk agama Islam

Pengertian Rukun Menurut Fiqh
Istilah rukun akan sering juga anda temukan ketika anda mengkaji hal-hal yg berhubungan dengan ilmu fiqh.

Ulama Hanafiah mendefinisikan rukun sebagai sesuatu yg tergantung atasnya sesuatu yg lain dan ia berada dalam esensi sesuatu tersebut. Menurut jumhur ulama figh, rukun adalah sesuatu yg tergantung sesuatu yg lain atasnya, tetapi tidak harus berbeda pada esensi sesuatu tersebut. ( baca DR. Nasrun Haroen, Usul Fiqh I, Jakarta: Logos Publishing House, 1996, hlm: 263)

14 Pembaca Menyukai ini

Arti Kata Sejenis:

Share Link Kamus:
HTML Link Kamus:

Leave a Reply