Quantum Energi Spiritual
☚ Kembali ke Kumpulan Artikel

Arti Wajib Pengertian Wajib (واجب)

Istilah wajib sering kita temukan dalam hal-hal yg berkaitan dg hukum Islam. Apa arti dan definisi wajib?

Definisi Menurut Etimologi
gambar kalifgrafi arti kata wajibKata Wājib berasal dari bahasa Arab dengan kata dasar dalam bentuk verb/kata kerja: wájaba (وَجَبَ) yang kemudian menjadi Wājib (واجب) yang bermakna (بالِغ الأهَمِّيَّه): hal yg sangat perlu dilakukan atau penting, kewajiban.

Bentuk jamak (plural) dari kata Wājib (واجب) adalah wajibāt (واجبات) atau wajā’ib (وجائب) yg berarti kewajiban-kewajiban‎. Lawan kata wājib adalah (غير واجب) bukan kewajiban. Kata wajib semakna dg kata fardu (فرض‎)

Terminologi Wajib Menurut Hukum Islam
Dalam Kitab Ri’ayah al-himmah jilid 1 bab fikih disebutkan maksud dari pengertian Wājib adalah suatu amalan ibadah yang apabila dikerjakan (oleh orang muslim dewasa mukallaf) maka orang tersebut akan mendapatkan pahala dan apabila (orang muslim dewasa mukallaf) tidak mengerjakan amalan ibadah itu, maka orang tersebut akan mendapatkan siksa (dosa).

Penerapan Istilah kata Wajib dalam agama Islam

  • Istilah kata Wājib digunakan untuk menentukan atau membedakan status hukum suatu amalan ibadah yg sudah ditentukan oleh syara`.  Maksudnya: untuk membedakan antara amalan yg berstatus wajib dan status hukum lainnya. Contoh Sholat 5 waktu hukumnya adalah wajib dan sholat rawatib dan sholat tahajjud   hukumnya adalah sunnah.
  • Istilah kata Wājib juga digunakan sebagai penyebutan maksud hukum suatu fatwa Ulama tentang suatu perkara. Contoh perumpaan: Fatwa Ulama dalam kalimat:  Menghindarkan diri menjadi pejabat yg koruptor hukumnya adalah Wājib. Maksudnya tidak boleh menjadi pejabat yg korupsi.  Contoh perumpamaan lainnya: Pergi Berjihad Ke Palestina hukumnya Wājib bagi muslim yg kuat dan mengerti menggunakan senjata. Maksudnya: umat Islam dari negara lain diharuskan membantu rakyat Palestina atau rakyat Islam di negara mana saja yg sedang dizalimi.

Penggunaan kata wajib dalam tulisan artikel di situs ini dapat anda temukan dalam kategori Kajian Islam pada topik Fiqih Islam

4 Pembaca Menyukai ini

Arti Kata Sejenis:

Share Link Kamus:
HTML Link Kamus:

Leave a Reply