Quantum Energi Spiritual

Masjid Kubah Emas Masjid Dian Al-Mahri

Info Masjid-Tentang Masjid Dian Al-Mahri
Salah satu bangunan Masjid yg dianggap megah khas Timur Tengah,  yang ada di kota Depok, Jawa Barat adalah Masjid Dian Al-Mahri atau yg lebih dikenal di kalangan wisatawan lokal maupun luar negeri dg nama Masjid Kubah Emas.

Keunikan Masjid Kubah Emas
gambar masjid Kubah Emas Masjid Dian Al-MahriDikenal dg nama Masjid Kubah Emas karena Masjid Dian Al Mahri ini memiliki 5 kubah yg dilapisi dengan emas murni setebal 2 hingga 3 milimeter dan mozail kristal. 1 kubah utama berukuran besar yg menyerupai arsitektur Kubah Taj Mahal, dg diameter bawah 16 meter, diameter tengah 20 meter, dan tinggi 25 meter.  4 Kubah lainnya memiliki diameter bawah 6 meter, tengah 7 meter, dan tinggi 8 meter.

Keunikan lainnya, lapisan emas murni tidak hanya terdapat pada 5 buah kubah, tapi juga pada relief hiasan di atas tempat imam yg terbuat dari emas 18 karat. Begitu juga pagar di lantai dua dan hiasan kaligrafi di langit-langit masjid. Sedangkan mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah berlapis bahan prado atau sisa emas. Masjid Kubah Emas juga memiliki 6 menara masing-masing setinggi 40 meter.


Secara umum, arsitektur Masjid mengikuti tipologi arsitektur masjid di Timur Tengah dengan ciri kubah, minaret (menara), halaman dalam (plaza), dan penggunaan detail atau hiasan dekoratif dengan elemen geometris dan obelisk, untuk memperkuat ciri keislaman para arsitekturnya. Ciri lainnya adalah gerbang masuk berupa portal dan hiasan geometris serta obelisk sebagai ornamen.

Dengan keunikannya tersebut, Masjid Kubah Emas dianggap sebagai masjid indah termegah di Asia Tenggara saat ini.

Alamat Lokasi Masjid Dian Al-Mahri
Masjid ini terletak di Jalan Meruyung Kecamatan Limo Kota Depok, Jawa Barat.  Hampir setiap hari khususnya pada hari-hari libur seperti hari minggu, masjid ini dikunjungi oleh para wisatan lokal sejabodetabek.

Peta Rute Masjid Kubah Emas

  • Dari arah Terminal Depok dengan menggunakan kendaraan pribadi dapat mengambil jalan menuju arah Kecamatan Sawangan hingga sampai di pertigaan Parung Bingung. Kemudian berbelok ke kanan ke arah Kecamatan Cinere, menempuh jarak sekitar 3-4 km menuju lokasi masjid.
  • Dari Terminal Kota Depok dengan menggunakan kendaraan umum menaiki kendaraan angkutan kota (angkot) nomor 03 dan turun di pertigaan Parung Bingung. Dilanjutkan menggunakan jasa transfortasi motor Ojek dg jarak tempuh sekitar 7 km.
  • Dari Terminal Lebak Bulus atau Terminal Pondok Labu di Jakarta Selatan, dapat kendaraan  angkutan kota (angkot) bernomor 102 dan turun di pertigaan Parung Bingung, kemudian belok kanan menuju arah lokasi masjid.

Sejarah Masjid Kubah Emas
Dibangun oleh seorang pengusaha asal Banten yang bernama Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, di sebuah kawasan seluas 50 hektar (50.000 M2) di tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006.   Kemudian masjid ini dibuka untuk umum pada tanggal 31 Desember 2006, bertepatan dengan Idul Adha yang kedua kalinya pada tahun itu. Posisi Masjid berada di atas area luas tanah  sebesar  60 x 120 meter atau sekitar 8000 meter persegi.

7 Menyukai Info ini

Catatan Artikel / Berita Sejenis:

Share Link Press:
HTML Link Press:

One comment on “Masjid Kubah Emas Masjid Dian Al-Mahri

  1. Eko says:

    Tolong informasi biografi sejarah hidup pendiri Masjid Kubah Emas Depok

Leave a Reply